Kamis, 12 Februari 2009

Manfaat Sholat Berjamaah




MANFAAT SHOLAT BERJAMAH
Sholat berjamaah mempunyai banyak manfaat, diantaranya sbb :


1. Mematuhi Perintah Allah

Dengan sholat berjamaah berarti telah melaksanakan perintah Allah (salah satu). Sebagaiman FirmanNya :
Wa aqimushalaata wa atuzakaata warka”uu ma arroki”in.
Artinya : “ Dan dirikannlah Shalat, dan tunaikanlah Zakat dan rukulah bersama orang-orang yang ruku’ .” (AL Baqoroh:43)
Menurut Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya , menyatalkan bahwa banyak para ulama yang menjadikan ayat ini sbg dalil bagi di wajibkannya shalat berjamaah.

Ibnu Qayyim ra. berpendapat dalam Kitabus Shalah, menerangkan : Jika dikatakan shalat berjamaah itu wajib, ini bertentangan dengan firman Allah :
“ Yaa Maryamuknutii lirobbaki wasjuudi warkaii’ ma’arrooki’in” (Ali Imron 43) Padahal wanita tidak wajib menghadiri shalat berjamaah.

Tanggapan dari pendapat ini adalah sbb : Ayat tersebut (Ali Imron:43) tidak menunjukan wajibnya perintah shalat berjamaah, terhadap wanita, tetapi perintah tsb khusus kepada Maryam. Ini berbeda dgn surat Al-Baqoroh:43. Di surat Al-Baqarah;43 di tujukan kepada Maryam yang memiliki kekhususan yang tidak dimiliki oleh wanita-wanita lain, yaitu Ibunya telah menadzarkan putrinya (Maryam) manjadi hamba yang saleh dan berkhidmat untuk beribadah kepada-Nya dan senantiasa berada di masjid, sehingga ia di perintahkan untuk ruku’ bersama orang-orang yang ruku ( yang berdatangan ke masjid untuk shalat).

2. Mematuhi Perintah Rasull

Dengan melakukan shalat berjamaah (laki-laki) berarti mematuhi perintah Rasullullah SAW dan mengikuti sunnah beliau (baik qauliyah maupun fi’liyah). Rasulullah SAW bersabda : “ man sami’annada afalam ya’ tihi falaa sholaatalahu ilaa min ‘udzrin” Artinya Siapa yang mendengar adzan lalu tidak mendatanginya maka tidak ada shalat baginya kecuali ada udzur. ( Shahihul Jami’)

3. Selamat karena mengikuti Rasul

Mengikuti perintah Roaul SAW dalam segala bentuk Ibadah adalah salah satu sebab turunnya Hidayah, kecintaan Allah, ampunan Allah dan Terhindar dari Masuk Neraka dan salah satu sebab masuk Sorga. Furman Allah :
“ Wa in tuthi’ uu hu tahtaduun” (Annur: 54) Artinya: Dan taatilah ( Muhammad) niscaya kalian akan mendapat petunjuk.

Juga QS Ali Imron:31 Artinya : Katakanlah, jika kamu benar-benar mencintai Allah ikutilah aku (Muhammad) niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah maha pengampun lagi maha penyayang.

Hadits Nabi SAW : “segenap Umatku akan masuk surga kecuali orang-orang yan tidak mau. Siapa yang mentaatiku pasti masuk sorga dan siapa yan mendurhakaiku maka dia berarti tidak mau (masuk sorga). HR Bukhari.

4. Sebagai Saksi Keimanan.

Allah bersaksi bahwa memakmurkan masjid adalah dengan iman dan orang yang memakmurkan masjid adalah orang –orang yang di beri petunjuk oleh Allah pada kebenaran dan sungguh mereka adalah orang yang beruntung. Firman Allah “ Innamaa ya’muru masajidallahi man aamana billahi wal yaumil aakhiri wa aqoomasshalaata wa aataazzakaata walam yakhsya ilallaha fa asa ulaaika aykuunuu minal muhtadiin”

Artinya : Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah danhari akhir, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut kepada selain Allah maka merekalah orang-orang yang di haharapkan termasuk golongan orang yang mendapat petunjuk. ( At-taubah:18)

5. Lebih Utama dari shalat Sendirian

Shalat berjamaah lebih utama 27 derajat dari sholat sendirian. Riwayat lain derajatnya 25 dari shalat sendirian.
Sabda Rasul : “ Shalaatul jamaa’ati tafdhulu sholatal fadzdza bikhomsin wa ‘isyriina darojah” juga riwayat lain “ bi sab’iin waisyriina darojah” HR Bukhari.

6. Jauh menyerupai orang–orang munafik

Diantara sifat orang munafik yang paling nyata adalah meninggalkan shalat berjamaah, terutama shalat Isya’ dan shubuh.
Hadits Nabi SAW :” Laisa sholaatu atsqolu ‘alaal munaafiqiina minal fajri wal Isyaa’I walau ya’ lamuuna maa fiihimaa laa tau humaa walau hab waa…”
Artinya : “ Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik melebihi beratnya shalat Shubuh dan Isya’ dan seandainya mereka mengetahui pahala kedua sholat tsb, niscaya mereka akan datang (berjamaah) meskipun dengan merangkak….” HR. Mutafaq Alaih.

Ibnu Ma’ud berkata : “ Dan sesungguhnya engkau telah persaksikan kepada kami bahwa
tidaklah meninggalkan sholat berjamaah kecuali orang munafik yang jelas-jelas kemunafikannya”

7. Mendapatkan Pahala Berjamaah meskipun telah selesai

Bagi orang yang datang ke Masjid untuk sholat berjemaah, Ia akan tetap mendapatkan pahala berjamaah meskipun orang-orang sudah selesai berjamaah. Hadist nabi :

“ Man tawadh dho’a fahsana wudhuu ahu tsumma rooha fawajadannaa sa qod shollaa ‘athahulloohu mitsla ajri man sholaahaa wa hadhorohaa laa yanqushu dzaalika min ‘ajrihim syai’aa” HR Ahmad, Abu Dawud dan An Nasa’I dari Abu hurairooh.
Artinya :
Siapa yang berwudhlu kemudian membaikkan wudhunya lalu pergi ke masjid dan mendapati orang –orang telah selesai sholat (berjamaah), niscaya Allah tetap memberinya pahala seperti orang yang telah sholat dan menyaksikannya secara berjamah, pahalanya tidak mengurangi sedikitpun dari pahala mereka.( Shahihukl Jami’ 6163)

8. Menjaga Diri dari Setan

Shalat berjamaah –dgn izin Allah- menjaga seseorang muslim dari musuh bebuyutannya. yaitu Syaithon laknatullah yang tidak pernah putus asa untuk menggoda manusia. Rasullullah SAW bersabda : “ Maa min tsalaatsatinn fii qoryatin walaa badwin laa tuqoomusholaatu illaa qodistahwadza ‘alaihimusy syaithoonu, fa ‘alaikumbil jamaa’ati fa innamaa ya’ kuladza’bul qoosiyaah”

Artinya : Tidaklah tiga orang berada di suatu desa atau dusun dan mereka tidak mendirikan sholat berjamaah, kecuali mereka telah di kuasai syeitan. Karena itu hendaklah kalian senantiasa berjamaah. Sungguh serigala itu hanya makan hewan yang jauh dari rombongannya.

9. Salah satu sebab diampuni Dosa-dosa

Sholat berjamaahadalah salah satu di antara sebab diampuninya dosa-dosa. Hal ini sesuai dengan sabda Rosulullah SAW :
“ Jika Imam mengucapkan ghoiril maghdzuubi ‘alaihim waladh dholliin, maka ucapkanlah Amiin. Karena sesungguhnya siapa yang ucapan aminnya bersamaan dengan ucapan Malaikat, niscaya dia akan diampuni dari dosa-dosanya yang telah lalu” HR Muttafaq “alaih.

“ Jika Imam mengucapkan Sami’allahu liman hamidah, maka ucapkanlah Robbanna lakal hamdu. Karena sesunguhnya siapa yang ucapannya bersamaan dengan ucapan Malaikat, niscaya ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”HR.Muttafaq Alaih.

“Siapa yang berwudhu untuk sholat dan ia menyempurnakan wudhunya, lalu ia berjalan untuk menunaikan sholat wajib, dan ia sholat bersama manusai atau berjamaah atau di dlam masjid, niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya”. HR Muslim.

10. Menyamai sholat Separuh Malam atau Sepanjang Malam

Sholat Isya Berjamaah : Menyamai sholat separuh malam, sedang Sholat shubuh berjamaah sholat sepanjang Malam.
Hadistnya : “ Man sholat’Isyaa a fii jamaatinn faka anamaa qoo ma nishfal laili, wa man sholash subha fii jamaa’atin faka annamaa sholal laily kullahu” HR. Muslim.

Artinya : Barang siapan sholat Isya berjamaah maka seakan-akan dia sholat separuh malam. Dan barang siapa sholat shubuh berjamaah maka seakan-akan ia sholat sepanjang malam.

11. Berada dalam Jaminan Allah

Sholat berjamaah adalah salah satu sebab penjagaan Allah terhadap Hamba-Nya, bahkan Allah menjadikan hamba tersebut berda jaminan, amanat dan tanggungan Allah SWT. Hal itu dapat di peroleh dengan melakukan sholat Shubuh berjamaah.
Hadist Nabi : “ Man shollushubha fii jamaatin fahuwa fii dimmatillahi”
Artinya : Barang siapa yang sholat shubuh berjamaah maka ia berada jaminan Allah.

12. Selamat dari kelalaian

Dengan sholat berjamaah berarti seseorang telah terbebas dari do’a Nabi Muhammad SAW. Dimana Nabi mendo’akan agar orang yang meninggalkan sholat berjamaah hati mereka di kunci mati.
Ibnu Majah meriwatkan dari Ibnu Abbas dan Ibnu Umar ra, bahwa mereka mendengar Nabi bersabda : “ Sungguh beberapa kaum benar-benar akan menghentikan kebiasaan meninggalkan sholat berjamaah atau Allah benar-benar mengunci mati hati mereka lalu mereka benar-benar termasuk orang –orang yang lalai”

13. Berpahala besar Karena berjalan untuk melaksanakannya

Untuk menghadiri sholat berjamaah di Masjid menjadikan seorang muslim harus berjalan/melangkah menuju Masjid. Dengan demikian Ia mendapatkan Pahala yang besar dan kebaikan yang banyak dan hanya Allah yang mengetahui sebatas apa banyak dan besarnya.
Sabda Nabi : “ Barang siapa yang berangkat ke Masjid untuk sholat berjamaah, maka langkah yang satu menghapus satu keburukan dan langkah yang lain menuliskan baginya satu kebaikan, saat pulang maupun pergi” (Shahihul Jamie 3051)




Wallahu ‘alam bisshowab
Sumber 40 Sholat Berjamaah:
Abu AbdillahMusnid Al Qohtani
Editing by Ozie

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut